Logo

TENTANG APLIKASI LINK NAMA DOMAIN

Selamat pagi...


Sampai pada tahun 2013, aplikasi berbasis web base yang digunakan dilingkungan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung baik aplikasi yang dibangun dan dikembangkan oleh POLMAN maupun produk out sourcing berjumlah kurang lebih 50 buah, yang setiap aplikasi mempunyai nama alamat domain yang berbeda-beda.

Semua aplikasi yang dimiliki oleh Polman merupakan asset yang sangat penting bagi institusi. Sudah banyak usaha yang telah dilakukan, waktu yang digunakan, dan biaya yang dikeluarkan untuk membangun dan pengadaan aplikasi. Pengelolaan yang buruk terhadap aplikasi maupun data tentunya akan sangat merugikan institusi.

Beberapa aplikasi ada yang hanya bisa diakses di dalam lingkungan Polman (tidak bisa diakases dari luar polman) dan ada juga aplikasi yang bisa diakses di dalam maupun di luar lingkungan Polman. Dengan jumlah aplikasi yang banyak tersebut tentunya akan menyulitkan bagi pengguna di citivitas akademik (pegawai dan mahasiswa) untuk mengingat alamat nama domain satu persatu. Untuk itulah, kami mencoba mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Aplikasi LINK adalah sebuah perangkat lunak online yang berfungsi untuk mengelola alamat nama domain aplikasi web, sehingga alamat nama domain web tersebut tersimpan dan terorganisir dengan baik dengan tujuan agar pengguna mudah menggunakannya tanpa harus tahu alamat nama domain web. Untuk itulah Aplikasi LINK ini dirancang untuk memberikan solusi agar pengguna cukup mengingat satu nama domain tetapi sudah bisa memberikan jawaban dari kesulitan yang dialami.

Aplikasi LINK ini bisa diakses dari dalam dan luar POLMAN, dengan alamat nama domain http://link.polman-bandung.ac.id atau http://172.16.0.22 tanpa authentikasi, kecuali untuk pengelolaan dan evaluasi aplikasi bagi Pengelola dan Managemen.

Berikut beberapa fungsi aplikasi LINK antara lain :
  1. Mengelola dan merawat aplikasi sistem informasi & basis data yang sehat, dinamis dan terintegrasi.

  2. Memudahkan bagi pengguna di Civitas Akademika Politeknik Manufaktur Negeri Bandung dalam menggunakan atau membuka semua aplikasi yang dimiliki oleh Institusi tanpa perlu pengguna harus tahu nama alamat domain websitenya, pengguna cukup mengetahui penanganan aplikasi tersebut untuk apa misalnya "Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian".

  3. Jika aplikasi LINK ini di akses dari dalam lingkungan POLMAN maka aplikasi ini akan menampilkan daftar semua alamat nama domain aplikasi yang digunakan di POLMAN, baik aplikasi yang bisa diakses dari dalam dan luar.
    Tetapi jika aplikasi LINK ini di akses dari luar lingkungan POLMAN, maka aplikasi akan menampilkan semua alamat nama domain aplikasi yang hanya bisa di akses dari luar POLMAN.

  4. Pengguna dapat menampilkan alamat nama domain dan fungsi aplikasi tertentu.

Aplikasi LINK ini dikelola oleh administrator, yang dilengkapi dengan pengamanan yang cukup yang terpasang pada aplikasi maupun pada databasenya. Dengan adanya keberadaan aplikasi LINK ini diharapkan pengguna akan mendapat kemudahan dalam mengakses semua aplikasi yang digunakan oleh POLMAN.